Membandingkan Data Tanpa Bantuan Grafik (Versi Formula)

5:09 PM

Kalau kamu mengikuti blog ini dari awal, kamu pastinya pernah membaca salah satu trik yang Paman share tentang cara membandingkan data tanpa bantuan grafik (artikel lengkap bisa kamu baca di sini). Kali ini kita akan lakukan dengan cara yang berbeda: menggunakan formula! Ya, kamu tidak salah dengar Teman, kita akan menggunakan formula. Kita ambil contoh data di bawah ini:



Untuk membuat progress bar langsung di dalam cell, gunakan formula REPT. Pada cell B2, ketikkan:

=REPT("|";A2)

Kemudian copykan ke cell di bawahnya, tampilan hasilnya akan seperti di bawah ini:


Seperti yang kamu lihat, formula tersebut membentuk bar yang berbeda antara cell yang satu dengan yang lainnya, tergantung data pada kolom A. Untuk merapikan bentuk bar, format cell B2:B7 dan ganti font dengan "Stencil, Bold". Kamu juga bisa mengganti warna font sesukamu agar tampilannnya lebih menarik:


Klik OK, dan lihat yang terjadi:


Tada! Grafik sederhanamu telah selesai. Jika kamu hanya perlu membandingkan data dengan cara cepat, maka trik ini sudah lebih dari cukup tanpa perlu ribet membuat chart.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat ya :)

Salam,
Paman Excel

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.