Membandingkan Data Tanpa Bantuan Grafik

1:41 PM

Tak lama lagi Paman akan mulai membahas tentang salah satu topik yang terlintas ketika kita membicarakan Excel, yaitu membuat grafik (charting). Namun, sebelum kita membahas tentang itu, tahukah kamu kalau tanpa bantuan grafik pun sebenarnya kita bisa membuat visualisasi data? Salah satu cara yang mungkin dilakukan adalah dengan Conditional Formatting. Mari kita lihat contoh di bawah ini:


Kita anggap kamu punya 2 orang yang kamu tunjuk untuk mengerjakan proyek yang sama di tempat yang berbeda. Setelah mendapatkan laporan dari masing - masing orang, kamu mendapatkan data seperti di atas. Kamu ingin agar data tersebut lebih mudah dicerna namun kamu tidak ingin laporan tersebut dalam bentuk grafik. Untungnya, hal itu mungkin dilakukan. 

Kita mulai dengan menyeleksi progress oleh Mr.Y. Pilih cell C3:C8 kemudian masuk ke menu Conditional Formatting lalu pilih New Rule. Lakukan setting seperti di bawah ini:


Jika klik OK lalu Apply, maka tabelmu akan tampak seperti di bawah ini:


Sekarang, lakukan hal yang sama untuk Mr.X. Pilih cell B3:B8 kemudian masuk ke Conditional Formatting namun dengan setting yang agak berbeda, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini:


Kita membuat warna dan arah data bar yang berbeda agar tampak lebih kelihatan perbandingannya. Jika sudah, klik OK lalu apply:


Nah, sekarang laporan kamu tampak lebih baik. Jika kamu ingin menyederhanakannya, kamu bisa tidak menampilkan angkanya, yaitu dengan memastikan pilihan "Show Bar Only" tercentang pada saat mengedit Conditional Formatting:


Berikut adalah hasil final laporan kamu:


Bagaimana? Ternyata membuat laporan yang simpel namun berbobot itu ternyata tidak susah dan kamu tidak perlu ribet bikin grafik, bukan? Share artikel ini ya jika kamu merasa bermanfaat. :)

Salam,
Paman Excel

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.