Skoring Dengan INDEX+MATCH

8:43 PM

Sebelumnya Paman sudah pernah post tentang skoring dengan VLOOKUP. Kali ini kita akan lakukan skoring kembali namun dengan metode yang berbeda yaitu combo INDEX+MATCH. Disinilah  menariknya Excel, kamu bisa menyelesaikan masalah yang sama dengan metode yang berbeda - beda. Semua tergantung preferensi masing - masing mana yang lebih nyaman digunakan. Untuk penyelesaian skoring, kita pun akan menggunakan contoh yang sama dengan yang Paman posting tentang metode VLOOKUP:



Karena kita akan mengisi kolom C dengan mengcopykan dari cell di atasnya, akan lebih mudah agar kita menamai range E dan F. Untuk range E4:E10 akan kita namai dengan "score" dan range F4:F10 akan dinamakan dengan "grade".

Formula yang akan diterapkan memiliki struktur seperti di bawah ini (Paman ambil contoh pada cell C2):
=INDEX(grade;MATCH(B2;score;1))

Setelah selesai menginput formula, dobel klik pada pojok kanan bawah kolom C2 untuk mengcopykan formula ke cell di bawahnya. Secara otomatis kolom C akan terisi dengan grade sesuai dengan skor yang ada pada kolom B. Lihat demonstrasinya di bawah ini:


Jika kamu terbiasa menggunakan VLOOKUP, mungkin kamu bisa pertimbangkan metode ini. Namun, seperti yang Paman bilang sebelumnya: semua kembali ke preferensi masing - masing. :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.