Charting (Intro & Tips)

10:47 PM

Sesuai janji Paman, kita akan mulai membahas jauh lebih dalam tentang skill Excel yang lainnya yaitu charting atau membuat grafik (chart). Charting adalah cara terbaik untuk memvisualisasi data  dan menampilkan data - data penting yang tersembunyi dengan sekali lihat. Pentingnya memilih chart yang benar akan membantu kamu mengambil keputusan yang tepat. Itulah sebabnya kamu perlu mempelajari beberapa hal dasar tentang charting untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berikut beberapa tips yang simpel dan berguna untuk kamu terapkan:


Gunakan Grafik Sederhana Seperti Bar atau Line Chart Untuk Mendapatkan Kejelasan Data

Tidak ada chart yang dapat mengalahkan Bar atau Line Chart dalam hal kemampuan menampilkan kejelasan data. Kedua grafik ini simpel namun tepat pada sasaran. Kamu dapat menggunakan bar chart untuk melihat perbandingan data (atau ranking) dibandingkan pie chart, dan line chart dapat digunakan untuk melihat trend dalam sebuah kumpulan data.

Bar Chart jauh lebih efektif dalam memantau peringkat
 

Urutkan Data Sehingga Lebih Tertata
Jika kamu menggunakan Bar Chart untuk melihat perbandingan data, data tersebut akan tampak lebih jelas terlihat jika sumber datanya diurutkan sehingga nilai terbesar akan berada di sebelah kiri chart.


 

Tampilkan Highlight Sederhana di Bawah Judul
Anggaplah kamu ingin melihat statistik sederhana hanya dengan melihat dari chart yang telah kamu buat. Caranya adalah dengan membuat sebuah text box kemudian masukkan link ke cell yang bersangkutan (yaitu nilai Min, Max, dan Average dari sumber data), contoh seperti di bawah ini:


Sederhanakan Format Angka Pada Sumbu Y
Agar tampilan chart lebih lega, kamu dapat menyederhanakan angka pada sumbu Y dengan memformatnya dengan kode, misalnya angka jutaan disingkat menjadi M (million). Klik angka pada sumbu Y kemudian lakukan format seperti di bawah ini:


Hasilnya dapat dilihat pada contoh di bawah ini. Kedua chart ini sama persis, namun chart yang di sebelah kanan jauh lebih rapi.


Hapus Legend Jika Tidak Diperlukan (Dan Biasanya Memang Begitu)
Secara default, legend akan ikut ditampilkan pada saat kamu membuat chart. Terkadang, legend ini sangat mengganggu dan memakan tempat pada chart. Jika kamu bisa mengidentifikasi data tanpa bantuan legend, ada baiknya untuk menghapus legend tersebut.

Hapus Gridlines
Hapuslah gridline sehingga data akan tampak lebih jelas dan chart lebih rapi.

 

Paste Data Langsung ke Dalam Chart Untuk Membuat Grafik Baru
Kamu bisa secara cepat menambahkan data baru ke dalam chart, hanya dengan mengcopy range data kmudian menekan Ctrl+V langsung di dalam chart. Lihat demo di bawah ini: 



Gunakan Keyboard Untuk Navigasi
Kamu bisa memantau dan mengedit komponen dari chart dengan menggunakan navigasi keyboard. Gunakan tombol arah atas atau bawah untuk berpindah antar series data dan tombol kiri atau kanan untuk berpindah antar individual series, seperti contoh di bawah:


Sekian perkenalan dan tips singkat dari Paman. Pada kesempatan berikutnya Paman akan membagikan trik lainnya yang bisa kamu lakukan dengan charting. Tunggu tanggal mainnya! ;)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.