Form Controls (Membuat Data Lebih Interaktif)

8:00 PM

Pernahkah kamu melihat tampilan chart seperti di bawah ini?


Jika belum, kamu perlu mengenal yang namanya Form Controls. Tools ini memungkinkan kamu membuat data lebih interaktif dan merupakan komponen penting jika kamu ingin mendesain visualisasi data seperti Dashboard (lebih jauh tentang Dashboard akan Paman sampaikan di postingan lainnya).


Secara default, Form Controls tidak ditampilkan dalam menu ribbon. Untuk memunculkannya, masuk ke menu Excel Options, kemudian centang pada pilihan Developer:


Sekarang masuk ke menu Developer dan pilih Insert Combo Box (Form Control) dan mulailah membuat Form Control pertamamu:



Klik kanan pada Form Control, pilih Format Control terus pilih seperti di bawah ini:


Sekarang, jika kamu mengklik tombol segitiga kecil pada dropdown menu tersebut, akan muncul menu yang bisa kamu pilih:


Kalau kamu perhatikan, setiap kamu kamu memilih menu maka angka pada Cell Link yang kamu pilih sebelumnya akan menampilkan nomor urut pilihan pada Combo Box. Itulah fungsi dari Form Control yang sebenarnya. Lantas, bagaimana caranya agar menu tersebut dimanfaatkan untuk mengupdate chart? Di sinilah asyiknya bermain dengan Excel. Kamu dituntut untuk menggunakan kreatifitas kamu. Inilah yang akan Paman lakukan: Menghubungkan (link) angka yang ditampilkan menjadi data yang akan dibentuk ke dalam chart. Rumus yang akan Paman gunakan adalah INDEX dan VLOOKUP+MATCH. Berikut langkah - langkahnya:

1. Buat nama range (agar mempermudah penulisan formula nantinya) untuk Nama Produk, header tabel, dan tabel secara keseluruhan:


2. Copy tabel header ke baris ke-11


3. Pada cell A12, masukkan formula =INDEX(produk;A10)


4. Pada cell B12, masukkan formula =VLOOKUP($A$12;tabel;MATCH(B11;header;0);0)


5. Copykan formula pada cell B12 ke cell C12 hingga cell M12
Sekarang, setiap kali kamu mengganti pilihan pada Form Control, data pada cell B12:M12 akan otomatis terupdate.

6. Langkah ini sudah jauh lebih mudah, kamu sudah bisa membuat chart berdasarkan data pada cell B12:M12. Kamu bisa memilih tipe chart apa yang akan kamu gunakan. Pada contoh ini, Paman menggunakan stacked area:


7. Chart Title akan Paman buat dinamis mengikuti Produk yang dipilih. Untuk melakukan ini, klik Chart Title, masuk ke formula bar, ketik "=" (tanpa tanda kutip) kemudian klik cell A12.

8. Untuk sentuhan akhir, hapus gridlines pada plot area dengan mengklik garis tersebut dan tekan tombol Delete.
9. Selesai.

Sekarang kamu sudah memiliki konsep bagaimana membuat chart yang interaktif. Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat ;).

Salam,
Paman Excel

NB: Kamu bisa mendownload file yang Paman gunakan dalam artikel ini -> form_controls.xlsx

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.