Membuat Baris Berwarna Pada Tabel

9:30 PM

Mungkin judul ini kurang menarik untuk dibaca. Apa sih susahnya membuat baris berwarna pada tabel? Tinggal pilih baris yang ingin kita warnai kemudian pilih format cell. Atau bisa juga menggunakan style. Tapi bukan itu yang ingin Paman sampaikan pada artikel ini. Karena kita akan menggunakan pendekatan yang berbeda, yaitu dengan Conditional Formatting.

Jika kamu mempunyai tabel yang panjang dan ingin memberi warna setiap 2 baris, akan cukup merepotkan jika kamu harus melakukannya secara manual. Berikut cara pendekatan Conditional Formatting:


1. Pilih cell yang ingin kamu format.


2. Masuk ke menu Conditional Formatting, lalu pilih "Use a formula to determine which cells to format" pada New Formatting Rule:


Ketikkan formula =MOD(ROW();2) kemudian format cell dengan warna yang kamu inginkan:


Klik Apply dan OK, tabelmu sekarang akan tampak seperti di bawah ini:


Keuntungan dengan metode ini adalah, warna baris tabel akan menyesuaikan tiap kali ada penambahan atau pengurangan baris tabel. Silahkan dicoba. :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.