Menggunakan Spasi Dalam Formula Untuk Mencari Data

6:37 PM

Paman yakin tidak banyak yang mengetahui tentang trik ini, padahal trik ini sangat sederhana namun juga sangat bermanfaat. Penggunaan spasi dalam formula sangat mudah diingat dan juga mudah untuk mencari data yang kamu inginkan, kita akan menggunakan tabel di bawah ini sebagai contoh:







Tabel di atas berisi deretan angka item A sampai E pada periode Januari sampai Desember. Tentu saja, kamu bisa menggunakan VLOOKUP untuk mencari data. Tapi seperti yang Paman bilang, Excel menawarkan banyak cara untuk menyelesaikan masalah yang sama, semua tergantung preferensi kamu.

Sebelum memulai menyelesaikan kasus pencarian data di atas, beri nama pada masing - masing kolom dan baris (yaitu Jan hingga Dec, dan A sampai E).

Sekarang mari kita menerapkan formulanya. Andaikan kamu ingin mencari data Item C pada bulan October, maka formulanya adalah "=Item.C Oct". Lihat demo di bawah ini:



Spasi berfungsi mencari titik temu di antara 2 range data sehingga pada contoh di atas jawabannya adalah 597 yang merupakan data Item.C pada bulan Oct. Kita juga bisa menggunakan spasi untuk formula yang lebih bermanfaat lagi, misalnya menghitung total data Item D selama bulan Januari sampai Maret. Formulanya adalah "=SUM(Item.D B1:D6)". Hasilnya akan tampak seperti di bawah:


Hasil perhitungannya seperti ini: perpotongan range antara item D dengan bulan Januari sampai Maret yaitu 320, 292, dan 489, sehingga jika dijumlahkan menjadi 1101.

Sekian trik singkat dari Paman. Jangan lupa untuk dishare dan semoga bermanfaat. :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.