Mengekstrak Angka Dari Teks

4:01 AM

Mari kita bermain dengan case kembali. Anggap saja kamu sedang mengumpulkan data untuk mencari tren waktu, hanya saja data yang disediakan masih dalam bentuk teks dan angka seperti di bawah ini:




Kamu diminta untuk mengkonversi angka di atas dalam satuan menit, dimana kita tahu bahwa angka detik harus dibagi dengan 60 untuk dijadikan menit. Apakah kita harus mengetikkannya secara manual? Tenang saja, kita akan menggunakan bantuan formula untuk menyelesaikannya.

Yang perlu kamu lakukan pada awalnya adalah mencoba menghilangkan teks pada sumber data, dimulai dari teks "menit". Pada cell B2, masukkan formula berikut:

=SUBSTITUTE(A2;" menit ";",")

Lalu copykan ke cell di bawahnya:


Pada formula di atas, kita mengganti teks " menit " dengan angka koma (,). Awal yang cukup baik. Sekarang kita memodifikasi sedikit formula di atas untuk menghilangkan teks " detik". Kita juga akan menggunakan formula SUBSTITUTE, sehingga formula akhir akan tampak seperti di bawah:

=SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(A2;" menit ";",");" detik";"")


Oke, sekarang kamu sudah mendapatkan angkanya. Hanya saja, seperti yang Paman sampaikan sebelumnya, angka di atas belum dapat diterima karena kita harus mengkonversi satuan detik ke menit terlebih dahulu. Buat dua kolom terpisah untuk membedakan angka satuan menit dan detik:


Pada cell C2 hingga C7 dan D2 hingga D7, kita akan menggunakan formula seperti pada postingan Paman tentang Mengambil Nama Depan Dari Tabel dan LEN, dimana yang menjadi acuan adalah tanda koma. Pada cell C2, masukkan formula

=LEFT(B2;FIND(",";B2)-1)

Dan pada cell D2, masukkan formula:

=RIGHT(B2;LEN(B2)-FIND(",";B2))

Tabelmu akan tampak seperti ini:


Sekarang kamu bisa mengkonversi nilai total waktu dalam satuan menit. Kita akan menggunakan kolom E. Formulanya sederhana, jumlahkan angka pada kolom C dengan kolom D setelah dibagi 60:


Kamu bisa menggunakan file yang sama di sini. Silahkan di download dan pelajari lebih lanjut.

Salam,
Paman Excel

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.