Merekam Macro Pertamamu

8:13 PM

Pada postingan sebelumnya, kamu sudah lihat bagaimana efektifnya bekerja dengan VBA dan Macro. Pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana memprogram Excel dan membuat Macro yang nantinya bisa digunakan untuk mengerjakan tugas yang sama berulang - ulang. Macro sendiri bisa dibuat dengan 2 cara: menggunakan Macro Recorder dan Visual Basic Editor.



Sebagai latihan, kita akan membuat cell dengan tambahan style warna dan posisi center untuk alignment vertical dan horizontal. Sebelum melakukan ini, jangan lupa klik "Use Relative References" pada tab Developer agar nantinya Macro kamu bisa digunakan pada cell manapun.


Sekarang, klik tombol Macro Recorder yang terletak di bawah Sheet:



Sebuah Record Macro Box akan muncul. Kamu dapat menamai macro sesukamu dan kamu bahkan bisa menentukan shortcut sendiri untuk macro itu. Hanya saja yang perlu kamu ingat, jangan gunakan shortcut standar yang dimiliki Excel karena tidak akan bisa digunakan lagi. Jadi, kamu tidak akan bisa menggunakan Ctrl+B untuk bold jika shortcut itu kamu gunakan untuk macro. Saran terbaik: gunakan kombinasi Ctrl+Shift:


Jangan lupa untuk memilih menyimpan macro di Personal Macro Workbook agar macro yang telah kamu buat dapat digunakan pada file apapun. Setelah selesai, klik OK. Sekarang proses macro kamu sedang berjalan, ditandai dengan icon recorder yang berubah:


Klik pada sembarang cell, kemudian pilih Home>Cell Styles>Accent 1:


Lanjutkan dengan format cell (tekan Ctrl+1), pilih tab alignment kemudian set vertical dan horizontal ke center. Klik OK.


Untuk menghentikan proses recording, klik lagi pada macro recorder:


Selamat! Kamu telah membuat macro pertamamu. Sekarang mari kita tes fungsinya. Untuk menggunakannya, klik pada cell yang kamu inginkan, lalu tekan Alt+F8. Dobel klik pada macro yang kamu buat tadi (atau kamu bisa mengaktifkannya dengan shortcut):


Sekian tentang cara membuat macro dengan recorder. Pada artikel berikutnya kita akan mencoba membuat macro dengan cara kedua yaitu menggunakan Visual Basic Editor.

Stay tune and please do share :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.