Menjadi Super Produktif Dengan VBA dan Macro (Intro)

8:13 PM

Mari kita membahas sesuatu yang benar - benar seru. Pernah gak terpikirkan oleh kamu kalau kamu bisa mengajarkan Excel untuk melakukan tugas - tugas yang kamu anggap membosankan, mungkin karena kerjaannya itu - itu aja, atau bisa jadi karena kamu harus mengulangi langkah yang sama terus - menerus untuk worksheet yang berbeda? Brrgh, sudah kebayang boringnya kayak apa. Biar kamu kebayang, lihat contoh di bawah ini:



Tugas kamu sederhana kok, cukup menghitung persentase dengan membagi cell di kolom B (actual) dengan kolom A (target), kemudian memformat cell agar menampilkan angka % dengan dua angka di belakang koma. Kurang lebih kamu perlu melakukan seperti ini:


Ya, super slow dan membosankan, apalagi jika ada puluhan worksheet yang persis seperti ini menunggu untuk diselesaikan. Metode Paman sendiri akan berbeda, silahkan perhatikan (dan jangan coba - coba berkedip):


Bagaimana? Super cepat bukan? Bayangkan berapa banyak waktu yang kamu hemat kalau kamu bisa melakukan seperti yang Paman lakukan. Yang sebenarnya terjadi adalah, Paman membuat sebuah program kecil berisi perintah seperti instruksi pada awal artikel ini. Instruksi ini bisa dibuat dalam bentuk shortcut yang cukup Paman tekan untuk mengaktifkannya. Perintah tersebut menggunakan bahasa pemrograman yang dinamakan VBA. Sedangkan kode perintahnya sendiri disimpan dalam bentuk Macro. Rasanya seperti punya asisten pribadi yang ahli dalam Excel dan siap bertugas kapanpun kamu panggil, seru bukan?

Kamu bisa membuat Macro sebanyak yang kamu mau sesuai kebutuhan pekerjaanmu dan mengaktifkannya kapanpun kamu membutuhkannya. Paman sendiri menciptakan beberapa untuk mempermudah pekerjaan Paman di kantor. Pada artikel berikutnya Paman akan menjelaskan konsep dasar VBA dan cara membuat Macro.

Stay tune!

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.