RANDBETWEEN

5:42 PM

Mungkin kamu sempat bertanya dalam hati, bagaimana caranya Paman menyiapkan data - data yang digunakan dalam artikel PamanExcel? Kalau harus mengarang angka rasanya akan lumayan menyita waktu. Yah, sebenarnya Paman menggunakan bantuan formula untuk melakukan ini. Excel menyediakan function khusus untuk menampilkan angka secara acak (random), yaitu RANDBETWEEN.


Secara prinsipnya, kamu cuma perlu menentukan nilai terendah (bottom) dan tertinggi (top) dalam sintax function ini. Sintax secara lengkap yaitu sebagai berikut:
=RANDBETWEEN(bottom; top)

Setelah kamu menentukan nilai tiap sintax, function RANDBETWEEN akan menampilkan angka random di antara nilai bawah dan nilai atas tersebut. Berikut contoh penerapannya:


Pada contoh di atas, Paman menggunakan nilai bawah 100 dan nilai atas 500 sehingga angka yang muncul adalah di antaranya. Yang perlu kamu ingat adalah, function RANDBETWEEN termasuk formula yang dinamis, yang artinya angka yang ditampilkan akan selalu berubah setiap ada aktivitas dalam worksheet kamu. Lihat apa yang terjadi saat Paman menginput data pada cell baru:


Untuk memastikan angka hasil formula tersebut tidak berubah, kamu cukup menggunakan Paste Special kemudian pilih value:



Sekarang kamu sudah memiliki kumpulan data yang bisa kamu gunakan untuk menguji simulasi. Cukup mudah bukan?

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.