Membuat Macro Dengan Visual Basic

6:13 PM

Pada artikel kali ini kita akan membuat macro kembali, namun dengan cara yang berbeda yaitu dengan Visual Basic. Visual Basic Application (VBA) sendiri merupakan bahasa pemrograman yang merupakan bawaan produk Microsoft Office. VBA cukup mudah dipahami dan kalau kamu sudah terbiasa nantinya kamu dapat menciptakan berbagai macam macro dengannya.


Untuk mengakses Visual Basic, kamu bisa mengklik lewat menu Developer atau dengan shortcut Alt+F11. Sebuah aplikasi Visual Basic Editor akan muncul. Di sini kamu bisa mengakses semua macro yang kamu buat dalam bentuk module.



Untuk membuat macro baru, klik kanan pada VBAProject(PERSONAL.XLSB) dan pilih Module. Ketikkan "Sub Clear" kemudian Enter, maka akan tampak seperti di bawah ini:


Kamu bisa mengganti teks Clear dengan yang kamu suka. Sengaja Paman namai demikian karena Paman akan membuat sebuah macro yang dapat membersihkan cell secara total, baik isi maupun formatnya. Ini cukup berguna jika kamu ingin merapikan worksheetmu. Nah, kamu bisa memasukkan kode macro pada baris di antara Sub dan End Sub. Sebagai contoh, ketikkan kode "Selection.Clear".


Klik Save kemudian tutup jendela Visual Basic Editor. Kita akan coba macro ini pada cell yang kamu punya:


Pada kesempatan lainnya, Paman akan share beberapa code macro yang sangat berguna sekali dalam pekerjaan sehari - hari Paman dengan Excel. Just stay tune :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.