Wildcards

9:27 PM

Ini salah satu trik yang menyenangkan. Kamu bisa menggunakan bantuan wildcards dalam menyelesaikan formula. Wildcards termasuk "*", "?", dan "~". Namun yang kita bahas kali ini hanya tentang simbol "*". Simbol ini berfungsi untuk menghiraukan karakter selanjutnya. Sebagai contoh, kamu bisa mencari data yang berawalan huruf A hanya dengan mengetikkan A*. Agar lebih mudah dipahami, kita langsung praktek saja:



Pada tabel di atas, terdapat list item produk dengan kode alfabet diikuti dengan urutan nomor. Jika kamu diminta untuk mencari data berdasarkan masing - masing item, cukup gunakan VLOOKUP. Namun bagaimana jika seandainya kamu diminta untuk menyelesaikan pertanyaan berdasarkan tipe item seperti di bawah ini:


Kita akan menerapkan pemakaian wildcard asteriks (*) untuk menjawab pertanyaan di atas. Namun sebelumnya, beri nama terlebih dahulu untuk masing - masing kolom A dan B. Pada contoh Paman akan menggunakan nama "Item" untuk cell A1:A19 dan "Total" untuk cell B1:B19. Kemudian pada cell E9, masukkan formula =SUMIF(Item;E8&"*";Total) dan kemudian copykan pada cell di sebelah kanannya.


Pada cell E10 gunakan cara yang sama namun kali ini menggunakan formula AVERAGEIF:


Sekian sedikit penjelasan tentang manfaat wildcards, masih ada trik lainnya tentang ini yang akan berguna untuk pekerjaanmu, namun akan Paman share di lain kesempatan.

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.