Membuat Dynamic Chart Dengan OFFSET

10:07 AM

Sebelumnya Paman pernah membagikan cara mengupdate chart dengan cepat. Hanya saja, kamu harus tetap melakukannya secara manual. Pernahkah terpikir sebuah chart yang otomatis terupdate setiap kali ada penambahan sumber datanya. Dengan Excel, hal ini sangat mungkin terjadi. Kita akan menggunakan function OFFSET untuk melakukan ini. Bagi kamu yang belum mengerti cara kerja OFFSET, kamu bisa lihat postingan Paman di "sini". Mari kita lihat raw data di sini:



Buka Name Manager dengan menekan tombol Ctrl+F3, klik New..dan masukkan pada bagian Refers to....
=OFFSET(Sheet1!$A$1;1;0;COUNT(Sheet1!$A:$A);1)

Dengan asumsi nama sheet kamu adalah Sheet1, lihat contoh di bawah:


Buat lagi Nama Baru dengan mengklik New.. Masukkan nama Chart.Value kemudian masukkan pada bagian Refers to....
=OFFSET(Sheet1!$B$1;1;0;COUNT(Sheet1!$B:$B);1)


Sekarang, kamu sudah siap membuat chart. Klik Insert, Chart dan pilih Chart yang kamu mau. Pada contoh ini, Paman menggunakan Line Chart. Klik kanan pada chart area yang kosong dan pilih Select Data.. Klik Add pada Legend Entries (Series), isikan pada Series Values:

=Sheet1!Chart.Value

Lakukan yang sama untuk Horizontal Axis Labels, namun beri nama range dengan =Sheet1!Chart.Data

Setelah selesai, Klik OK. Sekarang, chart yang kamu buat akan selalu update jika ada penambahan / pengurangan data pada source datanya. Lihat contoh di bawah:


 
Sekarang pekerjaanmu jauh lebih mudah bukan? Share jika bermanfaat ya!

Salam,
Paman Excel

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.