Menampilkan Data Pada Sumbu X

8:15 PM

Baru - baru ini Paman menemukan trik menarik tentang charting. Kamu tahu, secara standar Excel meletakkan label data pada masing - masing chart. Berikut contoh yang dimaksud:


Atau, kamu bisa saja menggunakan Data Table sehingga label data otomatis terplot di sumbu X. Namun, kali ini Paman akan menggunakan pendekatan yang berbeda. Kita akan mengedit sumber data untuk sumbu X dengan menggunakan formula. Sekarang mari kita lihat dulu sumber data chart di atas:


Kita akan menambahkan kolom baru pada kolom C. Pada cell C2, masukkan rumus =A2&CHAR(10)&B2 kemudian copykan ke cell di bawahnya:



CHAR(10) berfungsi untuk menampilkan line break (baris baru). Kita akan menggunakan kolom C ini sebagai sumbu X yang baru sehingga dengan adanya line break, data akan ditampilkan persis di bawah label bulan. Sekarang saatnya mengganti sumbu X dan lihat apa yang terjadi:



Sekian trik singkat tentang charting. Semoga bermanfaat dan dapat kamu terapkan. ;)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.