Menguasai Keyboard Skill Agar Lebih Efisien dan Produktif

5:42 AM

Kalau kamu pernah membaca postingan Paman tentang "Trik Double Click Agar Tampak Seperti Seorang Master", kamu akan menemukan bahwa Paman tipe orang yang berorientasi dengan keyboard ketika bekerja dengan Excel. Percayalah, hanya dengan menguasai keyboard skill baik itu dalam hal navigasi atau shortcut, waktu kerja yang kamu perlukan jauh lebih efisien daripada menggunakan mouse karena memindahkan gerakan tangan dari keyboard ke mouse lalu mencari menu yang diinginkan sangat memakan banyak waktu dan melelahkan. Oleh karena itu, kali ini Paman akan membagikan tips dan shortcut favorit Paman dalam menggunakan keyboard. Let's check it out!

F2 - Mengedit isi cell
F3 - Paste Name. Alasan Paman senang menamai range data adalah karena Paman bisa memanggil nama range tersebut untuk dimasukkan ke dalam formula, range chart, dll melalui shortcut ini.


Ctrl+F3 - Menampilkan Name Manager
F4 - Tombol ini mempunyai 2 fungsi, fungsi repeat seperti Ctrl+Y dan mengubah cell reference menjadi absolute / relative dalam mode edit cell.

 

Ctrl+F6 - Berpindah - pindah antara file Excel yang satu dengan yang lainnya.
Ctrl+PageUp / Ctrl+PageDown - Berpindah - pindah antar sheet dalam satu workbook.
Ctrl+1 - Format cell, chart, object, picture, dsb.
Ctrl+* (hanya berfungsi untuk keyboard yang memiliki numpad terpisah seperti PC) - menyeleksi range dalam cell tersebut.
Alt+Enter (dalam mode edit cell) - Menambahkan baris baru
Classic Shortcuts (Ctrl+C, Ctrl+X, Ctrl+V, Ctrl+A, Ctrl+S, Ctrl+Z) - Kamu pasti sudah paham betul fungsi masing - masing shortcut ini.

Untuk navigasi cell, ada beberapa shortcut yang bisa kamu gunakan:
Enter - berpindah satu cell di bawah cell aktif
Shift +Enter - berpindah satu cell di atas cell aktif
Tab - berpindah satu cell di sebelah kanan cell aktif
Shift+Tab - berpindah satu cell di sebelah kiri cell aktif
Ctrl+tombol arah - berpindah ke cell paling ujung dalam satu range data

Shift+tombol arah - menyeleksi cell sesuai arah panah
Ctrl+Shift+tombol arah - menyeleksi cell hingga ke ujung range data


Sekian tentang keyboard skill yang biasa Paman lakukan. Apakah kamu juga punya shortcut favorit? Share pada kolom komentar di bawah ini. ;)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.