Merapikan Isi Cell Dengan SUBSTITUTE

6:49 PM

Perhatikan contoh gambar di bawah:


Cell di atas terdiri dari 5 baris kata, ini dibuktikan dengan memperlebar kolom A namun isi cell tidak bergerak atau tidak terpengaruh. Seandainya kamu diminta untuk merapikan isi cell tersebut sehingga hanya berisi satu baris kalimat, apa yang akan kamu lakukan? Mungkin kamu bisa mencoba formula CLEAN. Kita lihat apa yang terjadi:



Memang sepertinya cara ini berhasil membuat satu baris kalimat, namun masih ada sedikit masalah: tidak ada spasi yang memisahkan antar kata dalam cell tersebut.

Cara paling baik adalah dengan mengganti tiap baris kata (line break) dalam cell dengan spasi, formula yang digunakan adalah SUBSTITUTE dan CHAR. Formula lengkapnya adalah sebagai berikut:
=SUBSTITUTE(A1;CHAR(10);" ")

Terjemahan dari formula di atas adalah: ganti char(10) / line break pada cell A1 dengan karakter spasi. Sekarang coba masukkan formula tersebut dan lihat hasilnya:


Yes! It Works! :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.