Mastering Sheets

5:26 AM

Pada kesempatan ini Paman akan berbagi tips agar kamu lihai dalam mengendalikan sheets. Cekidot!

1. Menamai Sheet dengan mudah

Dulu Paman terbiasa menamai sheet dengan klik kanan pada sheet tersebut kemudian memilih Rename. Mungkin sekarang kamu juga menggunakan cara yang sama. Ternyata ada cara yang jauh lebih cepat dan efisien. Kamu cukup double click pada sheet yang ingin diubah, dan setelah kamu memasukkan nama baru, tekan Enter.

 

2.  Mengcopy Sheet
Cara cepat berikutnya adalah mengcopy sheet dengan bantuan keyboard dan mouse. Caranya adalah dengan menggunakan tombol Ctrl, klik pada sheet yang ingin dicopy, tahan dan geser mouse hingga muncul icon sheet dengan lambang (+), lalu lepaskan:
 
 

3.  Memindahkan Sheet
Sama seperti cara sebelumnya, namun kali ini tidak menggunakan bantuan tombol Ctrl:

4. Grouping Sheet untuk multi formatting
Jika ada beberapa sheet yang mau kamu format atau isi dengan cell yang sama, kamu bisa lakukan itu sekaligus dengan Grouping. Dengan bantuan tombol Ctrl, pilih sheet yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu cukup memformat pada salah satu sheet yang telah dipilih maka otomatis sheet lainnya dalam satu group tersebut akan otomatis terformat.

5. Berpindah Antar Sheet Dengan Keyboard
Kalau kamu punya banyak sheet dalam file Excel kamu dan kamu harus berpindah - pindah antar sheet dengan cepat. Gunakan 2 tombol keyboard berikut: Ctrl+PageUp untuk berpindah ke sheet sebelumnya dan Ctrl+PageDown untuk berpindah ke sheet berikutnya.
Bonus: Error dalam Rename Sheet
Anehnya, ada nama yang dilarang oleh Excel untuk digunakan sebagai nama sheet. Yang Paman temukan seperti di bawah ini adalah contohnya:

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.