REPEAT: Fitur Tersembunyi Dalam Redo (Ctrl+Y)

8:25 AM

Kalau kamu terbiasa menggunakan aplikasi Office seperti Ms. Word atau Excel, kamu pasti sudah familiar dengan shortcut Redo atau Ctrl+Y. Dulunya sih Paman beranggapan kalau shortcut ini digunakan jika kita ingin mengembalikan kembali action kita setelah melakukan Undo (singkatnya membatalkan Undo / Ctrl+Z). Makanya Paman tidak terlalu sering menggunakan shortcut ini. Ternyata, ada fitur tersembunyi yang Paman temukan dari selain fungsi Redo, yaitu Repeat. Dengan menggunakan shortcut yang sama, kamu bisa mengulang tindakan / formatting yang kamu lakukan sebelumnya ke cell yang lain. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh di bawah ini:


 

Kamu punya dua cell yang terisi data, yaitu A1 dan C3. Sekarang kita akan memformat cell A1 dengan mengganti font, warna cell, serta border dan alignmentnya.

Kamu sudah melakukan banyak formatting dan kamu lupa kalau cell C3 juga harus kamu format sama seperti cell A1. Kalau harus mengulang lagi maka akan banyak memakan waktu (Paman sendiri memerlukan waktu 30 detik untuk melakukan hal di atas), apalagi jika cell yang harus diformat lebih banyak dari contoh di atas. Tapi jangan khawatir, teman. Seperti yang Paman bilang di awal, gunakan saja Ctrl+Y:
Mudah, kan? Share jika bermanfaat ya :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.