Absolute & Relative References

9:38 PM

Dalam mengolah data, kamu tidak perlu menginput formula yang sama berulang - ulang pada cell yang berbeda. Excel cukup pintar untuk menyesuaikan cell yang menjadi acuan formula (ke depannya kita akan sebut ini sebagai cell reference). Sebagai bukti, lihat contoh di bawah ini:



Seperti yang kamu lihat, pada saat formula dicopy ke cell di bawahnya, cell reference masing - masing cell menyesuaikan dengan cell di sebelahnya. Ini dinamakan Relative Reference. Sekarang lihat contoh kedua berikut:

Formula di atas menjadi ngaco ketika dicopykan ke kanan, karena cell referencenya ikut berubah dari cell B2 menjadi C2 dan seterusnya. Lantas, apa yang harus dilakukan? Sangat tidak efisien jika kamu harus mengeditnya satu - satu (percayalah, Paman pernah melakukan ini dan kapok). Apakah bisa kita membuat cell B2 sebagai reference tidak berubah? Jawabannya bisa! Kita akan mengedit cell B2 menjadi Absolute Reference. Ini ditandai dengan simbol $ pada sebelum column dan row, sehingga cell referencenya menjadi $B$2. Kamu bisa menambahkan simbol $ dengan cara manual, atau kalau mau ikut saran Paman, tekan F4 saat mengetik formula. Lihat contoh koreksi rumus di bawah ini:


Ini adalah teknik dasar agar kamu cepat menguasai pengerjaan formula yang lebih kompleks. Selamat memahami :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.