SUMPRODUCT

6:17 AM

Oke, mari kita mulai explore tentang formula, sesuatu yang identik dengan Excel. Kamu bisa menginput dari formula dengan mengakses dari ribbon atau mengetikkannya langsung di formula bar, dimana setiap formula diawali dengan simbol "=". 


Mari lihat contoh di bawah ini:
Anggaplah kamu diminta membuat laporan penjualan sederhana, dimana kolom C adalah hasil perkalian antara kolom A dan B di sebelahnya, sedangkan Grand Total merupakan total seluruh penjualan. Ternyata, bos kamu tidak mau kamu menghitung satu - satu dan hanya menginginkan Grand Total saja karena menurutnya laporan tersebut terlalu bertele - tele. Apakah memungkinkan untuk memenuhi keinginan bos tersebut? Tentu saja! Kamu hanya butuh satu formula: SUMPRODUCT

Pada formula SUMPRODUCT, kamu hanya perlu memilih range mana saja yang akan dikalikan dan formula tersebut akan menghitung total akhirnya. Yang perlu diingat adalah ukuran tiap range harus sama. Untuk lebih jelasnya mari kita gunakan rumus tersebut untuk menghitung laporan seperti yang ditampilkan sebelumnya:

Bagaimana? Jauh lebih sederhana dan kamu bisa menghilangkan kolom C namun hasilnya sama saja bukan? :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.