Berhitung Bersyarat

6:53 AM

Kali ini kita akan bermain kembali dengan formula. Namun, sebelum kita mengulik formula yang dimaksud, marilah kita berandai - andai dengan studi kasus berikut. Bayangkan kamu memiliki toko online dan sudah beberapa kali mengirimkan order ke beberapa kota besar di Indonesia. Kamu merangkum hasil penjualan tersebut dalam sebuah file Excel seperti gambar di bawah ini:


Dari data yang kamu punya, kamu ingin membuat analisis data. Kamu ingin tahu dengan cepat frekuensi penjualan, total penjualan dan rata - ratanya untuk tiap kota sehingga kamu bisa tahu dengan jelas kota mana yang paling potensial untuk mengembangkan bisnis kamu. Kalau menurut pengamatan Paman, kamu bisa gunakan beberapa formula yang mempermudah kamu mengerjakannya daripada menghitung manual. Pakai saja formula SUMIF (untuk menghitung total penjualan), COUNTIF (untuk frekuensi penjualan), dan AVERAGEIF (untuk rata - rata penjualan).

Langkah pertama yang biasa Paman lakukan adalah memberi nama range, dalam contoh di atas adalah daftar kota dan angka penjualan. Blok Cell A2 hingga A17 kemudian beri nama "kota" pada Name Box. Kemudian, blok cell B2 hingga B17 kemudian beri nama "sales" (kamu bisa pilih nama yang kamu suka). Memberi nama pada range data akan mempermudah kamu menulis formula.


Seperti yang sudah Paman lakukan di atas, copykan nama - nama kota yang mau kamu analisis dan buat kolom analisanya (Frekuensi, Total, Rata - rata). Sekarang mari kita mulai berhitung.

Untuk menghitung frekuensi penjualan, pilih kolom E3 (sesuai pada cell yang Paman buat), kemudian masukkan formula =COUNTIF(kota;D3)

 

Selanjutnya pada kolom F3 (total penjualan), masukkan formula =SUMIF(kota;D3;sales)
 

Dengan cara yang sama, pada kolom G3 (rata-rata penjualan), masukkan formula =AVERAGEIF(kota;D3;sales)

Langkah terakhir adalah mengcopy formula tersebut untuk semua kota. Ini cara paling mudah dan paling Paman suka. Blok ketiga hasil formula kamu sebelumnya, kemudian arahkan kursor pada pojok kanan bawah pada cell B3 hingga kursor berubah bentuk menjadi warna hitam, selesaikan dengan double klik:
Bagaimana? Mudah bukan melakukan analisis dasar seperti di atas? Jangan lupa share artikel ini, oke?

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.