Kombinasi Ctrl + Enter

5:16 PM

Tombol Enter sering dipakai untuk konfirmasi, apakah itu konfirmasi entry data atau konfirmasi formula. Namun jika tombol tersebut dikombinasikan dengan tombol Ctrl (atau lebih dikenal dengan Ctrl+Enter) akan memberikan hasil yang lebih efektif dan efisien, tergantung situasinya seperti berikut ini:

Input Data Pada Satu Cell
Normalnya, jika kita menekan tombol Enter setelah memasukkan data pada sebuah cell, kursor akan berpindah ke cell di bawahnya.  Namun jika kita menekan Ctrl+Enter maka kursor akan tetap berada di cell tersebut.

Input Data Pada Lebih Dari Satu Cell
Jika kita memblok lebih dari satu cell, kemudian melakukan entry data dilanjutkan dengan Ctrl+Enter, maka semua cell yang dipilih akan terisi dengan data yang sama. Hal ini sangat berguna jika kita ingin memasukkan data yang sama pada cell yang berbeda-beda.
Input Formula Pada Banyak Cell
Jika kita hendak menginput formula yang sama pada cell yang berbeda - beda, hal itu bisa dilakukan dengan Ctrl+Enter. Lakukan cara yang sama persis dengan cara sebelumnya, maka setiap cell yang diblok akan berisi formula yang sama.

Sekian trik Ctrl+Enter yang bisa paman bagikan. Apakah kalian memiliki trik lainnya tentang Ctrl+Enter?

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.