AutoCorrect Untuk Mempercepat Pengetikan Formula

8:28 AM

Ini adalah trik paling Paman sukai ketika bermain dengan formula. Dalam memasukkan formula, ada beberapa cara yang dapat digunakan yaitu mulai dari klik ribbon Formulas atau mengetikkan formula langsung pada Formula Bar. Namun, cara yang Paman pakai jauh lebih cepat karena menggunakan fitur AutoCorrect. Prinsip dasarnya adalah membuat initial formula, sehingga setiap kita mengetikkannya, Excel akan mengenalinya dan menampilkan formula yang kita inginkan. Berikut langkah - langkahnya:


Set-up Autocorrect
Masuk ke Excel Options dan pilih Proofing -> AutoCorrect Options...
Sesuai gambar di atas, masukkan initial formula pada kolom Replace dan formula yang diinginkan pada kolom With: (pada contoh Paman menggunakan vl sebagai pengganti =VLOOKUP)
Jika sudah, klik OK

Tes AutoCorrect
Sekarang, pada Formula Bar, ketikkan initial formula kemudian ketikkan lambang "(" karena setiap formula Excel menggunakan simbol tersebut untuk memulai input formula. Bam! Excel otomatis memunculkan formula VLOOKUP. Lihat animasi berikut sebagai contoh:

Sekian trik yang bisa Paman bagikan. Semoga bermanfaat dan menghemat waktu kerja kalian :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.