Mencari Hasil Kedua dan Seterusnya Dari VLOOKUP

9:15 PM

Paman harap kamu sudah familiar dengan VLOOKUP dan telah mengerti cara penggunaannya (buat kamu yang baru mengenal istilah ini, kamu bisa pelajari tentang VLOOKUP di "sini".) Namun begitu, VLOOKUP masih memiliki beberapa kelemahan, salah satunya pencarian akan terhenti jika nilai yang dicari sudah didapat walaupun sebenarnya masih ada hasil pencarian yang lain. Gambar di bawah akan menjelaskan maksudnya:



Seperti yang kamu lihat, Class A dan B masing - masing memiliki 3 value. Jika mencoba melakukan VLOOKUP untuk mencari value A, maka hasil yang didapat hanya value pertama seperti di bawah ini:


VLOOKUP pada contoh di atas hanya menampilkan angka 49 walaupun sebenarnya ada dua nilai lainnya yaitu 44 & 40. Lantas, bagaimana caranya agar VLOOKUP dapat menampilkan data apapun yang terkait dengan pencarian? Kita akan lakukan ini dengan membuat kolom helper yang berisi formula COUNTIF untuk menampilkan code unik masing - masing class:


Pada cell A2 masukkan formula =B2&COUNTIF(B$2:B2;B2). Perhatikan ada tanda $ pada formula tersebut. Ini untuk memastikan agar range dimulai dari baris ke 2 dan berkembang jika formula dicopykan ke cell di bawahnya.


Sekarang kamu bisa menggunakan formula VLOOKUP seperti biasanya:


Sekarang kamu sudah bisa mencari hasil VLOOKUP sebanyak apapun data tersebut perlu ditampilkan. Share jika post ini bermanfaat. :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.