LEFT, RIGHT, & MID

6:46 AM

Kita sudah sempat membahas mengenai kemampuan Excel dalam memanipulasi teks, dan kali ini kita akan mengulas lebih jauh tentang cara mengambil informasi dari suatu cell. Ada 3 function sekaligus yang akan Paman bahas di sini, yaitu LEFT, RIGHT, dan MID. Sengaja Paman bahas function ini secara bersamaan karena pada dasarnya fungsi masing - masing function tersebut adalah sama, yang  membedakan hanya titik awal pencariannya.

LEFT
Fungsi LEFT cukup jelas, yaitu mengambil data pada cell dimulai dari karakter paling kiri. Sintaxnya sebagai berikut:

text yaitu sumber cell atau teks yang akan kita tarik, sedangkan num_chars yaitu jumlah karakter yang akan diambil (termasuk spasi). Kita lihat penerapannya pada contoh di bawah:



Pada contoh di atas Paman menggunakan function LEFT untuk mengambil 4 karakter dan hasilnya tampak pada cell A2.

RIGHT
Fungsi Right sama halnya seperti LEFT, hanya saja penarikan karakter dimulai dari paling kanan.


Menggunakan contoh yang sama, kali ini Paman menggunakan function RIGHT untuk mengambil 5 karakter dan hasilnya tampak pada cell A3.

MID
Fungsi MID lebih fleksibel dibandingkan 2 fungsi sebelumnya, dimana kamu bisa menentukan titik awal pengambilan karakter. Sintaxnya juga sedikit berbeda, yaitu:

Pada sintax MID terdapat start_num yaitu posisi awal karakter dalam teks untuk memulai penarikan. Lebih jelasnya lihat contoh di bawah:


Pada cell A4, digunakan function MID untuk menarik data dari cell A1, dimulai dari karakter ke-5 dan diambil sebanyak 3 karakter sehingga hasilnya tampak seperti gambar di atas.

Demikian penjelasan singkat dari Paman. Semoga bermanfaat.

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.