VLOOKUP (Intro)

9:41 PM

Mungkin di antara kamu ada yang sudah familiar atau malah baru pertama kali mendengar formula VLOOKUP. Ini adalah salah satu formula yang paling powerful dalam Excel kalau kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Paman sendiri sampai mencantumkan VLOOKUP dalam CV Paman. Tidak percaya? Nih!

Cuplikan CV resmi milik Paman :D
VLOOKUP sendiri berarti Vertical Lookup. Jadi, formula ini berfungsi sebagai pencarian data dalam suatu range data secara vertikal untuk menampilkan data terkait. Jika database kamu sangat kompleks, kamu tidak perlu mencari data yang kamu inginkan secara manual. Gunakan saja VLOOKUP. Pada postingan kali ini Paman akan memperkenalkan fungsi dasarnya. Secara umum, syntax VLOOKUP adalah sebagai berikut:

lookup_value: Data yang ingin kita cari
table_array: Range data tempat sumber pencarian
col_index_num: Nomor kolom tempat data yang ingin kita tampilkan
range_lookup: Gunakan 0 / FALSE untuk mendapatkan data yang paling persis atau 1 / TRUE untuk mendapatkan data yang paling mendekati

Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita terapkan dalam tabel berikut:

Tabel tersebut berisi data nomor ID, nama karyawan dan jabatannya. Anggaplah kita hanya mengetahui nomor ID (sebagai contoh: 1006) namun kita ingin mengetahui nama dan jabatan. Maka jika menggunakan VLOOKUP, kita sudah memiliki semua informasi yang kita butuhkan, yaitu:
lookup_value: 1006 (data ini akan diinput di cell E4)
table_array: Range data tempat sumber pencarian (range A1:C13, di sini Paman beri nama "tabel")
col_index_num: kolom 2 untuk Nama dan 3 untuk Jabatan
range_lookup: 0 / FALSE (kita ingin mendapatkan data yang paling persis)

Pada cell F4, kita bisa memasukkan formula:
=VLOOKUP(E4;tabel;2;0)

Hasilnya akan tampak seperti berikut:

Dengan cara yang sama, kita dapat mencari Jabatan dari ID tersebut dengan mengganti syntax col_index_num dengan 3:

Sekian perkenalan singkat formula VLOOKUP. Pada kesempatan berikutnya, Paman akan share beberapa tips dan trik dalam menggunakan VLOOKUP agar lebih efisien dan menyenangkan dalam ber-Excel ria dan menggali informasi yang bisa kamu manfaatkan dalam kerjaan kamu.

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.