Right Click 'n Drag

4:41 AM

Dalam mengerjakan suatu spreadsheet, terkadang kita hanya ingin menampilkan value hasil perhitungan dan tidak ingin formula awal tersebut diketahui. Langkah standar yang biasa dilakukan yaitu dengan menggunakan paste special kemudian memilih paste value. Ternyata ada cara yang jauh lebih cepat yaitu dengan kombinasi klik kanan dan drag.

Caranya adalah dengan menggerakkan kursor ke tepi cell yang akan diubah sehingga icon kursor berubah menjadi lambang palang dengan masing-masing panah diujungnya kemudian drag (klik dan tahan lalu gerakkan posisi kursor mouse) dengan klik kanan mouse keluar cell dan kembalikan kembali ke tempatnya. Sebuah menu akan muncul lalu pilih Copy Here as Values Only. Lihat animasi di bawah untuk lebih jelasnya:

Dengan cara yang sama,  kita juga dapat mengcopy format dari satu cell ke cell yang lain, yaitu pilih Copy Here as Formats Only pada menu yang muncul:

Sekian trik singkat dari Paman, semoga bermanfaat :)

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.