Mengoptimalkan Worksheet Area

5:39 PM

Sejak versi 2007 diluncurkan, Microsoft memperkenalkan ribbon, yaitu sistem menu dengan tab dan penuh icon yang siap diakses dalam menggunakan Excel. Hanya saja, fitur ini banyak memakan tempat sehingga kadang kita merasa kurang efisien dalam bekerja. Nah, pada postingan pertama / perdana ini, Paman akan membagikan 2 tips untuk mengatasi hal tersebut:

  • Manfaatkan Quick Access Toolbar (QAT)
    Quick Access Toolbar (QAT) berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan toolbar yang biasa kita gunakan sehingga kita tidak perlu lagi mengakses ribbon untuk menggunakan toolbar tersebut. Lokasinya berada di bagian atas ribbon dengan toolbar defaultnya: Save, Undo, dan Redo. Untuk menambah toolbar dengan cepat, cukup klik kanan toolbar yang kita inginkan kemudian pilih "Add to Quick Access Toolbar":
    Toolbar yang kita pilih tadi akan muncul pada QAT:
  • Sembunyikan Tampilan Ribbon
    Langkah terakhir yaitu menyembunyikan tampilan toolbar pada ribbon. Caranya cukup sederhana, cukup tekan tombol Ctrl+F1. Yang tertinggal hanyalah tab menu:
    Untuk menampilkan kembali ribbon, tekan Ctrl+F1 sekali lagi. Mudah bukan?


    Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

    0 comments

    Sekilas Paman Excel

    Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.